Pameran Desa Informasi "Batik Colet Anak"

24-10-2017

Batik sebagai karya budaya bangsa Indonesia yang diwariskan turun temurun mengandung nilai-nilai kearifan yang mendukung pembentukan karakter, kepribadian, dan watak seseorang. Batik menjadi kearifan budaya bangsa yang mampu menggerakkan kreatifitas seseorang untuk berprestasi secara mandiri. Kegiatan pelatihan batik colet untuk anak yang dilaksanakan oleh tim yang terdiri atas:
- Dr. Laksmi Kusuma Wardani, S.Sn., M. Ds.
- Dra. Sriti Mayang Sari, M. Sn.
- Aniendya Christianna, S. Sn., M.Med.Kom.
- Mahasiswa Prodi Desain Interior UK Petra sebanyak 14 orang

mempunyai target khusus yang ingin dicapai yakni membantu siswa menemukan bakat, mengembangkan ketrampilan dan kreatifitas yang bersumber dari alam, menerapkannya dalam susunan pola, dan melatih diri berproses dalam kegiatan membatik. Pameran Desa Informasi "Batik Colet Anak" merupakan bagian/ tahap akhir dari hasil pelatihan batik yang dilaksanakan di lingkungan sekolah mitra yakni SD Sidodadi II Surabaya dan SD Simolawang KIP 156 Surabaya. Selain itu terdapat pula beberapa karya siswa SMPK Santo Yusuf Tropodo, Sidoarjo.

Sejumlah karya batik colet dari siswa SD dan SMP beserta dokumentasi kegiatan pelatihan batik colet ini dipamerkan di Ruang Pamer Perpustakaan UK Petra, Gedung Radius Prawiro lantai 6, pada tanggal 23 - 28 Oktober 2017. Kegiatan pelatihan tersebut merupakan bagian dari "IbM PELATIHAN BATIK COLET BAGI SISWA SEKOLAH DASAR DI SURABAYA" yang dibiayai oleh Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat, Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kementrian Riset dan Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, 2017.