Pameran Desa Informasi "Visionary Architecture Towards City 2.0: Case Study Siwalankerto"

08-10-2019

Kampung Siwalankerto terletak di tenggara kota Surabaya, berkembang pesat sejak adanya kampus UK Petra pada tahun 1973. Kampung tempat tinggal warga kota ini merupakan tempat bagi terjadinya percampuran antara kehidupan tradisional dan modern. Keberadaan kampus mengubah keadaan kampung Siwalankerto secara cukup signifikan; dari yang awalnya persawahan menjadi bangunan, dari perumahan menjadi kos-kosan, atau menjadi fasilitas komersial, semua untuk memenuhi kebutuhan kehidupan mahasiswa yang tinggal di sekitar kampus. Semakin mendekati lokasi kampus, semakin kental perubahan tersebut dapat dirasakan. Tampilan arsitektur juga menunjukkan perbedaan, semakin mendekat ke lokasi kampus, bentuk bangunan dan ruang menjadi lebih modern dibandingkan dengan rumah tinggal penduduk tetap yang cenderung lebih tradisional.

Pameran Desa Informasi "Visionary Architecture Towards City 2.0: Case Study Siwalankerto" yang diselenggarakan oleh Program Studi Arsitektur UK Petra bekerjasama dengan library@petra ini memamerkan rancangan/ desain suatu keadaan ideal dari kampung Siwalankerto pada tahun 2030 secara arsitektural dengan konsep City 2.0. Berbagai karya dari para mahasiswa Prodi Arsitektur UK Petra ini didesain dalam metode pembelajaran problem based learning, yaitu mahasiswa menemukan sendiri masalah yang akan dipecahkan atau yang akan menjadi fokus dari desain kawasan dan bangunannya, termasuk fasilitas yang akan diwadahi. Ada lima orang dosen pengampu mata kuliah Merancang Tematik yang membimbing para mahasiswa tersebut, yakni: Ibu Rully Damayanti, ST., M. Art., Ph.D., Bapak Dr. Ronny Gunawan Sunaryo, ST., MT., Bapak Ir. Bisatya Widadya Maer, MT., Bapak Ir. Danny Santoso Mintorogo, M. Arch., Ph. D. dan Bapak Bram Wayne, ST., M. Ars.

Pameran ini diselenggarakan mulai tanggal 7 s.d. 30 Oktober 2019 di Ruang Pamer Perpustakaan UK Petra dan dapat dikunjungi selama jam buka Perpustakaan.

Salam,
library@petra