Seminar “Sinergi Guru dan Pustakawan dalam Pengajaran Mapel dan Literasi Informasi untuk Meningkatkan Ketrampilan Siswa Abad 21"

09-09-2022

Seminar “Sinergi Guru dan Pustakawan dalam Pengajaran Mapel dan Literasi Informasi untuk Meningkatkan Ketrampilan Siswa Abad 21"

Pada abad 21 ini, peran seorang guru semakin kompleks, tidak hanya sekedar memberikan materi dan bimbingan dalam menguasai kompetensi yang diamanatkan kurikulum namun juga harus membentuk siswa memiliki karakter yang baik yang menghargai nilai-nilai moral maupun spiritual. Di satu sisi, pustakawan sekolah dapat bersinergi dengan guru kelas maupun guru mata pelajaran dalam pengajaran mata pelajaran (mapel) maupun mengajarkan ketrampilan literasi informasi sehingga siswa tidak hanya menggunakan teknologi informasi terutama media sosial untuk melakukan hal-hal yang negatif tetapi justru memanfaatkannya untuk peningkatan kompetensi akademik dan pribadinya. 

 

Guru abad 21 harus haruslah memiliki kreatifitas dan inovasi yang tinggi untuk dapat memenuhi layanan pembelajaran yang akan diberikan pada peserta didiknya. Guru abad 21 harus mengubah gaya mengajar dari cara lama, menjadi gaya mengajar yang lebih komunikatif dan menginspirasi guna memenuhi kebutuhan peserta didik yang semakin kompleks. Kecakapan intelektual, digital, sosial dan akademik tidaklah cukup. Mendidik merupakan proses jangka panjang untuk menghasilkan outcome manusia berkarakter, jujur, dan mandiri. Dalam konteks proses pendidikan, seorang pendidik harus mampu mengikuti arus perkembangan zaman di abad 21.

 

TUJUAN

  1. Membekali guru dan pustakawan sekolah dengan pengetahuan tentang karakteristik dan gaya belajar generasi pembelajar saat ini yaitu generasi Z dan Alpha.
  2. Membekali guru dan pustakawan dengan pengetahuan tentang ketrampilan yang harus dimiliki guru untuk menciptakan metode belajar yang sesuai dengan karakteristik generasi pembelajar saat ini.
  3. Membekali guru dan pustakawan dengan pengetahuan tentang ketrampilan literasi informasi yang perlu diajarkan kepada siswa di abad 21.
  4. Memberikan peluang dan contoh praktek sinergitas guru dan pustakawan sekolah dalam mengajarkan mata pelajaran tertentu maupun ketrampilan literasi informasi.

 

NARASUMBER SEMINAR:

1.       Felicia Goenawan, S.E., M.Si. (Dosen Progdi Ilkom UK Petra, A-Z Generasi Z: Karakteristik, Gaya Belajar, dll.)

2.       Dhama Gustiar Bhaskoro, S.S., M.Pd. (Kepala Perpustakaan UPH, Sinergi Guru dan Pustakawan dalam Meningkatkan Literasi Informasi Siswa)

3.       R.A. Dewi Iswari Puspitawati, S.T., M.M. (Koordinator Kerjasama Elyon School, Best practice penerapan kurikulum wajib baca di sekolah)

 

MODERATOR

Hatmi Dania (PPPK Petra)

 

NARASUMBER PELATIHAN

1.       Dian Wulandari 

2.       Chandra Pratama

3.       Billy Setyadi K.

 

WAKTU DAN TEMPAT

Selasa 30-8-2022 Pk. 08.30-13.00, Rabu, 31-8- 2022 Pk. 07.30 – 15.00 WIB

Seminar: Ruang AV T-502 Gedung Fakultas Bisnis dan Ekonomi Universitas Kristen Petra

Pelatihan: Lab Komputer Gedung Fakultas Bisnis dan Ekonomi

Jl. Siwalankerto 121-131 Surabaya

Bekerjasama dengan Perhimpunan Pendidikan dan Pengajaran Kristen Petra dan Elyon School, seminar dan pelatihan ini berusaha untuk menjelaskan kepada guru atau pendidik di abad 21 untuk memahami karakteristik generasi saat ini yang dipengaruhi oleh teknologi informasi, memberikan contoh-contoh metode pembelajaran yang menarik bagi siswa dan bersinergi dengan pustakawan dan menggunakan resources perpustakaan dalam pengajaran,  memberikan pengetahuan kepada guru dan pustakawan akan pentingnya mengajarkan ketrampilan literasi informasi sehingga pembelajar generasi abad 21 menjadi pelajar yang melek informasi, mandiri, beretika dan berprestasi.

Foto kegiatan dapat dilihat di galeri.