e-Resource yang Baru Dilanggan Perpustakaan, ProQuest Ebook Central dan McGraw-Hill VitalSource

02-11-2020

Perpustakaan menambah e-resource yang dapat diakses untuk pengguna, yaitu ProQuest Ebook Central dan dari VitalSource.

Cara mengakses kedua e-resource ini adalah sebagaimana penjelasan berikut:

 

ProQuest Ebook Central

ProQuest Ebook Central dapat diakses menggunakan username dan password email @john.petra milik mahasiswa maupun @petra milik dosen. E-brary dari ProQuest Ebook Central ini menyediakan koleksi dari ratusan penerbit, koleksinya ada yang untuk dibaca secara online, ada yang dapat di-download langsung secara full, yang untuk dipinjam selama 14 (empat belas) hari saja (akan hilang sendiri kemudian), maupun yang dengan cara mentransfer ebook dari komputer ke gawai pribadi (perlu meng-install terlebih dahulu Adobe Digital Editions, free software yang berbeda dari Adobe Reader, kemudian harus membuat free Adobe ID).
Untuk melakukan akses ke ProQuest Ebook Central dari luar kampus UK Petra, atau apabila menggunakan gadget dengan koneksi paket data seluler, dapat dilakukan dengan melakukan single sign on terlebih dahulu melalui URL berikut ini:
https://dewey.petra.ac.id/catalog/sso

kemudian setelah mengisi username dan password dapat dilanjutkan dengan mengakses URL:
https://ebookcentral.proquest.com/lib/petraid-ebooks/. Akses dari dalam kampus UK Petra (atau memakai fasilitas wiFi kampus UK Petra) dapat dilakukan secara langsung saja ke https://ebookcentral.proquest.com/lib/petraid-ebooks/.
Tutorial cara mengakses e-resource ProQuest Ebook Central tersedia di channel YouTube library@petra ini: https://www.youtube.com/watch?v=JmOdjwib-VQ
 
 
Untuk koleksi dari VitalSource tersedia sebanyak 100 (seratus) judul dengan cara mengakses sebagai berikut:
  1. Kunjungi https://dewey.petra.ac.id/catalog/journal.
  2. Pilih/ klik "Off Campus Access".
  3. Lakukan login sesuai akun email dan password di @petra.ac.id atau @john.petra.ac.id.
  4. Pilih/ klik "VitalSource" sesuai gambar berikut.                             
  5. Pada saat muncul tampilan seperti gambar di bawah, bila para mahasiswa atau Bapak/ Ibu ingin membaca secara offline, maka diharuskan untuk create account dengan email Petra terlebih dahulu, namun apabila tidak, silahkan memilih "No thanks, I'll skip this step". Demi kemudahan, sebenarnya pengguna SANGAT disarankan untuk membuat akun Bookshelf ini agar dapat membaca secara offline melalui PC ataupun aplikasi di Android/IOS.                                                                            
  1. Pilih/ klik tab "Explore" untuk melihat daftar koleksi yang telah dilanggan oleh Perpustakaan, selanjutnya setelah memilih judul yang diinginkan, silakan pilih/ klik "Borrow" (lihat gambar di bawah).
Tutorial cara mengakses e-resource VitalSource tersedia di channel YouTube library@petra ini: https://www.youtube.com/watch?v=PdC6VDTM_Dc