Workshop, Pameran dan Diskusi Film "/EMPUAN /EMPATAN" (perempuan perempatan)

12-04-2018


Workshop - Pameran - Diskusi Film: "/EMPUAN /EMPATAN"
Karya: Maria Nala Damayanti dan beberapa pegiat perempuan

Ekspresi visual melalui pameran atau event secara khusus dan apresiasi terhadap perempuan dan karyanya masih jarang dilakukan, dan terkait dengan perayaan hari Kartini, acara Workshop, Pameran dan Diskusi Film "/EMPUAN /EMPATAN" ini bisa dianggap sebagai wacana untuk mendorong peran dan partisipasi perempuan dalam menyuarakan ide dan pikirannya secara bebas, meskipun dalam batasan yang masih terus diperdebatkan atau selalu dalam wilayah abu-abu. Pameran yang diselenggarakan oleh Prodi Desain Komunikasi Visual UK Petra dan library@petra ini menampilkan karya-karya Maria Nala Damayanti dan beberapa pegiat perempuan.

Secara khusus, perempuan masa kini dihadapkan pada banyak pilihan dan tuntutan. Selain menampilkan sejumlah karya grafis komersil, pameran ini adalah diary visual yang mencoba mengetengahkan gejolak rasa dan pikir setelah melihat, mengalami dan menjalani peran sebagai perempuan dan ibu dengan segala dinamikanya, termasuk bagaimana merespon isu lingkungan, anak, keluarga dan hal lain yang ditemui selama ini. Pameran ini juga merespon ‘sakit’ yang dialami para perempuan pekerja seks sebagai bagian dari eksplorasi visual.

Tidak dapat disangkal perempuan masa kini menghadapi tantangan yang lebih besar dibandingkan pada satu dekade lalu, oleh karena itu perlu dilakukan kegiatan yang mendukung perempuan bisa mendapatkan wawasan baru yang dapat memantapkan peran dan peluangnya sebagai bagian dari masyarakat tanpa kehilangan jati dirinya sebagai perempuan merdeka. Melalui rangkaian kegiatan ini diharapkan dapat membantu ibu dan perempuan untuk lebih berani bereskpresi menyalurkan ide dan pikirannya secara estetis. Pada kesempatan ini juga akan dilakukan diskusi film bertema perempuan yang akan memberi wawasan bagi para ibu, perempuan dan penikmat film pada umumnya. Rangkaian kegiatannya adalah sebagai berikut:

1.   Workshop art therapy dan pameran. Peserta mempelajari ilmu dasar art therapy yang pada sesi ini bertujuan relaksasi. Sebagai responnya peserta akan mengerjakan project berupa produk seni.

2.  Pameran Karya.

3.  Pemutaran film bertema perempuan dan diskusi film. Film yang akan diputar adalah "Marlina, Si Pembunuh dalam Empat Babak".

Untuk menghadiri opening ceremonysilakan isi form ini:https://goo.gl/v1hbhi

Jadwal selengkapnya:

18 April 2018, Workshop Art Therapy
Pukul 14:00 - 17:00
Gedung P lantai 10, Ruang 10.01 (akses dari lantai 9)

19 April 2018, Display Karya Art Therapy
Pukul 11:00 - selesai
Perpustakaan lantai 6 Gedung Radius Prawiro

20 - 30 April 2018: Pameran
Opening ceremony: 20 April 2018, Pukul 13:00 WIB.Finalisasi Art Therapy Project, Teatrikal & Musikalisasi Puisi

27 April 2018: Diskusi dan Pemutaran film "Marlina, Si Pembunuh dalam Empat Babak"
Pukul 10:30 - 13:15: Pemutaran dan Diskusi film
Ruang Teater Perpustakaan, Gedung Radius Prawiro lantai 5