Pohon Natal Kukusan library@petra, Kuis Natal, Suvenir, Games untuk Pengunjung Perpustakaan

07-12-2017

Kukusan biasanya dipakai untuk menanak nasi pada masa "tempo doeloe" sebelum munculnya rice cooker atau alat sejenisnya. Beras yang dimasak menggunakan kukusan ini menghasilkan nasi yang benar-benar tersaring dan bebas dari zat-zat yang kurang baik bagi kesehatan, bahkan membuatnya lebih aman dikonsumsi untuk penderita diabetes. Kukusan juga dipakai untuk membuat atau mencetak tumpeng, yaitu nasi berbentuk kerucut yang dibuat sebagai ucapan syukur kepada Tuhan dalam acara “selametan”. Bentuk kukusan yang besar pada bagian bawah dan meruncing pada bagian atas menggambarkan bentuk tangan yang sedang menyembah, oleh karena itulah tumpeng biasanya dibuat ketika ada hajatan atau “selametan” untuk memperingati peristiwa kehidupan yang dialami oleh seseorang atau masyarakat, terutama masyarakat Jawa, Bali dan Madura sebagai bentuk ucapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.

Pohon Natal Kukusan library@petra adalah sebuah pohon Natal setinggi 7 (tujuh) meter yang tersusun dari ratusan buah kukusan. Pohon Natal Kukusan library@petra ini mengingatkan kita akan peristiwa kelahiran Kristus yang senantiasa harus disyukuri dengan menyembah Sang Juru Selamat yang rela lahir menjadi manusia untuk menyelamatkan umatNya, sebagaimana kukusan yang melambangkan tangan yang sedang menyembah. Membersihkan diri dari segala kotoran duniawi menjadikan manusia bersih, seperti nasi yang dihasilkan oleh kukusan yang sanggup menyaring beras menjadi nasi yang bebas dari zat-zat tak berguna bagi tubuh, sehingga menjadikan kehidupannya berguna bagi sesama dan memuliakan Tuhan.

Pohon Natal Kukusan library@petra ini berada di Ruang Pamer Perpustakaan lantai 6 Gedung Radius Prawiro, mulai tanggal 7 Desember 2017 s.d. 15 Januari 2018. Selama bulan Desember 2017 juga ada pembagian souvenir Natal untuk pengunjung Perpustakaan, kuis Natal, online games dan acara seru lainnya untuk pengunjung Perpustakaan pada jam-jam tertentu selama jam buka Perpustakaan.

Foto-foto juga dapat dilihat di Galeri acara ini.