Pameran Desa Informasi "SURABAYA KECAMATAN TYPEFACE 2015"

05-10-2015

Typograph atau Tipografi merupakan suatu ilmu dalam memilih dan menata huruf (typeface) pada sebuah bidang desain untuk menciptakan kesan tertentu. Di Indonesia Tipografi diajarkan di kelas-kelas Desain Komunikasi Visual. Selain belajar menata huruf mahasiswa juga belajar menciptakan huruf yang sesuai dengan aturan dasar dalam Tipografi. Pada digital era sekarang Tipografi telah berkembang luas hingga bermunculan banyak software untuk menciptakan typeface baru.
Lihat galeri foto
Pada Pameran Desa Informasi kali ini library@petra bekerjasama dengan Prodi Desain Komunikasi Visual (DKV) UK Petra menampilkan sejumlah karya yang dibuat dari kesadaran akan budaya lokal sebagai potensi desain, yaitu menciptakan digital typeface dengan mengambil inspirasi dari potensi budaya yang ada di sekitar. Mahasiswa mengeksplorasi dan mendokumentasikan sejumlah potensi kecamatan yang ada di Surabaya dan dari hasil observasi tersebut mereka menciptakan typeface baru berdasarkan potensi, daya tarik, atau ikon yang dimiliki oleh kecamatan. Typeface yang baru diciptakan ini lalu dinamakan sesuai nama Kecamatan yang diwakilinya. Typeface ini nantinya akan diunggah di website dafont.com agar dapat diketahui masyarakat luas.

Melalui karya-karya ini mahasiswa DKV UK Petra telah ikut memperkaya desain typeface yang berciri khas Surabaya dalam khasanah Tipografi dunia sehingga mereka juga telah turut mempromosikan potensi lokal Surabaya, dan selanjutnya typeface baru ini dapat digunakan oleh warga Surabaya, misalnya untuk kepentingan promosi dan lain sebagainya.

Pameran ini digelar di Ruang Pamer Perpustakaan Universitas Kristen Petra, Gedung Radius Prawiro lantai 6, Jl. Siwalankerto 121-131, Surabaya mulai tanggal 5 s.d. 30 Oktober 2015.

FB: library@petra Twitter: @libraryATpetra