PAMERAN GREEN CITYWALK OF TUNJUNGAN

13-10-2014

Pameran Green Citywalk of Tunjungan
- Untuk Kota Hijau Surabaya -

Kawasan Tunjungan yang terletak di jantung kota Surabaya dapat dihidupkan kembali menjadi ikon kota Surabaya dengan Konsep CITY-WALK, dengan tujuan memberikan ruang terbuka hijau kota di tengah kepadatan Kawasan Tunjungan saat ini, serta menyediakan berbagai fungsi agar warganya tidak perlu bepergian terlalu jauh. Selain itu, kompleks Tunjungan ini akan menawarkan konsep ramah bagi pejalan kaki (city-walk), hemat energi, serta ramah lingkungan.
Semua konsep ini ada di dalam rancangan arsitektur karya para mahasiswa Program Studi Arsitektur yang mata kuliahnya diampu oleh para dosen berpengalaman ini:
Ir. Benny Poerbantanoe MSP.,
Agus Dwi Hariyanto, S.T., M.Sc.
Ir. Danny Santoso Mintorogo, M.Arch., PhD.
Gunawan T., ST. MSc.

Keenam buah karya ini akan menjelaskan perlunya/ pentingnya Ruang Terbuka Hijau (RTH) di dalam Kawasan Tunjungan yang saat ini telah menjadi kawasan bisnis yang padat. RTH ini seharusnya menjadi paru-paru kota dan juga berfungsi sebagai ruang publik bagi warga kota berinteraksi. Karena itu desain ruang terbuka ini menjadi perhatian utama.

Untuk menyeimbangkan keuntungan dari investor bangunan ini maka juga diusulkan berbagai fungsi seperti:
· Rumah Susun/ Apartemen,
· Galery & Pusat Informasi Produk dan Belanja
· Sentra Perdagangan Modern (Trade and Tourism Center)
· Kantor Sewa dan Perbankan,
· Dua Massa Tambahan yang sesuai dengan Keadaan Kawasan dan Konsep Desain (Misalnya: Exhibition Centre, Entertainment Centre)

Para mahasiswa yang karya rancangannya dipamerkan ini mencoba mengusulkan fasilitas lainnya dengan mempertimbangkan kebutuhan aktivitas dan fungsi yang ada di sekitar kawasan Tunjungan, kemudian keenam fasilitas ini diolah agar mendapatkan desain selubung bangunan yang cantik.

Untuk lebih mensosialisasikan konsep-konsep pentingnya Ruang Terbuka Hijau dan Bangunan Komersial yang berimbang di Kota Surabaya maka Prodi Arsitektur UK Petra dan Perpustakaan UK Petra menggelar Pameran Green City-Walk of Tunjungan ini, yang akan berlangsung selama 1 bulan (29 September s.d. 28 Oktober 2014) di Perpustakaan UK Petra, Gedung Radius Prawiro Lt 6. Jl. Siwalankerto 121-131 Surabaya, Senin-Jumat jam 8.00-18.15, Sabtu jam 8.00-12.30.

Informasi lebih lanjut tentang Pameran dapat menghubungi:

Gunawan Tanuwidjaja ST. MSc.,
081 221 220 842
Email: gunte@.petra.ac.id